Rabu, 24 Agustus 2011

edukasi di negeri ini (kaya judul skripsi ya)

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina, Yup! Pepatah Meksiko lama itu sering banget kita dengar dari orang-orang yang lebih Tua (Ok saya gak tau itu pepatah darimana, tapi gak papa juga kan dari Meksiko daripada diklaim Malaysia :P ). Maksudnya sih buat memotivasi kita supaya mengejar pendidikan setinggi-tingginya. Tapi kebanyakan teman-teman ku, terutama yang cewek, pengen ke Cina bukan buat belajar tapi buat ketemu Tao Ming Sek (bener gak sih nulis namanya kaya gt?? Tapi bukannya dia di Taiwan tapi Taiwan itu di Cina bukan ya? Ah.. sudahlah.. Sudah bisa nebak toh nilai Geografi ku berapa?) Atau kalau yang cowok pengen ketemu Miyabi (Miyabi itu orang Cina apa Jepang sih? Maaf saya juga kurang gaul dalam perbokepan).
 

Pendidikan adalah salah satu titik sentral penting di suatu negara, gak kebayang klo ada negara yang penduduknya gak berpendidikan semua. Hancur.. kacau balau... gundah gulana... risau
Pendidikan merupakan suatu kesatuan dari aspek-aspek sosial lainnya baik itu ekonomi, politik, maupun budaya. Hal-hal tersebut tidak bisa dipisahkan dan saling berkaitan satu sama lainnya (Bahasa ku bikin muak ya? Hehe)
Intinya pendidikan itu PENTING. Baik yang formal atau yang non formal.
Jaman dulu waktu jaman kuda gigit hamburger (Ngasal!), Orang-orang yang bisa membaca dianggap orang suci. Yup, sekitar tahun 1000 masehi Cuma 5% penduduk dunia yang bisa membaca. Buku bacaannya juga masih terbatas pada Kitab-Kitab suci aja. Jadi Komik Naruto ama Detektif Conan waktu itu belum ada dulu. Waktu jaman penjajahan Belanda juga rakyat pribumi gak bisa ngerasain masa-masa indah SMA, gimana mau ngerasain sekolah aja ga boleh. Paling-paling cuman pribumi keturunan Belanda atau punya hubungan baik sama Belanda aja yang bisa sekolah (Overdongkrak!)


Diabad 21 sekarang hampir semua penduduk dunia bisa membaca dan menikmati bangku pendidikan. Dikatakan hampir semua karena kenyataannya masih ada segelintir orang yang kurang beruntung dalam pendidikan. Masih banyak anak-anak yang gak bisa bersekolah. Alasannya?? Macam-macam, ada yang karena ditempat tinggalnya gak ada sekolah tapi adanya diskotik, ada yang ngerasa udah pinter jadi gak perlu sekolah lagi, ada juga yang emang beneran pinter dari lahir, klo dalam istilah psikologi sering disebut indehoy, eh bukan tapi indigo (jayus, i know). Tapi 99% penyebab kenapa banyak anak-anak gak bisa sekolah adalah : UANG. Yaak! Benda yang paling disukai setan kecil botak ama babi transformer (baca: jadi-jadian/ngepet). Banyak orang-orang yang mungkin tingkat integelensianya hampir kaya einstein (itu loh penemu facebook) tapi ga bisa mengenyam pendidikan yang pantas cuman gara kertas dengan angka nol yang banyak itu. Miris? Pastinya, Sedih? Sama, Lapar? Makan donk.
Hampir disemua negara khususnya negara berkembang (apalagi I,ndonesia) masalah ekonomi udah jadi masalah klasik dalam dunia pendidikan. Contoh paling nyata di Indonesia, baru mau daftar sekolah aja udah dihadang biaya pendaftaran, biaya formulir, biaya tes masuk, biaya rohali... eh itu alya rohali ya. Belum lagi klo emang keterima, harus beli seragam, sepatu, buku, i pod touch 32 gb, macbook, BB bold. (ok tiga yang terakhir khusus buat yang gaji sebulan ortunya bisa buat kasi makan sebulan n buka distro di satu desa kecil di afrika).
Masalahnya, jumlah orang mampu ama jumlah orang kurang mampu di Indonesia itu sama kaya jumlah Dvd bajakan ama yang original. Banyakan yang bajakan, artinya banyakan yang hidup susah (saya termasuk salah satunya ..)
Emang di UU ada pasal yang bilang “anak terlantar dan orang miskin ditanggung oleh negara” (klo ga salah gitu sih bunyinya) .Tapi kenyataannya.. Ga perlu disebutin lagi kan?
Belum lagi sistem pendidikannya, semerawut.. acak-acakan.. abstrak..
Sekolah bukan tempat kita mengembangkan bakat dan kemampuan lagi tapi tempat percobaan yang dimana kelinci percobaannya para siswa yang dimana otak kita dipaksa buat nerima puluhan mata pelajaran yang dimana belum tentu bakal berguna atau memang sesuai dengan kemampuan kita yang dimana (udah mulai capek belum bacanya??) kurikulumnya juga ganti2 mulu saban tahunnya. Belum lagi klo bicara kualitas, kwantitas, dan fasilitas sekolah-sekolah di pedalaman. Ada SD yang diajar cuman satu guru merangkap kepala sekolah merangkap guru BK merangkap penjaga sekolah merangkap bel sekolah ( It,s true! Kecuali yang terakhir). Pelajaran kesenian dan olahraga juga cuman sekedar tempelan, sekedar ada.
Kemampuan orang beda2 ada yang pintar di akademik, ada yang pintar seni, ada yang pintar bergaul, ada yang pintar menggauli, ehem..... nah tapi sekolah dan pemerintah ga pernah memeperhatikan hal kaya gitu. Mereka pikir semua siswa itu pinter semua jadi ga usah repot2 dikalsifikasikan ( klo emang udah pinter ngapain kita sekolah pak?).
Ah mulai capek nulis, jadi intinya pendidikan kita ini ga beres n harus dibenahi. Solusi?? Ga ada solusi2an.. aq kan cuman pengen berkeluh kesah doang. Lagian tulisan kaya gini juga walopun andaikata bilamana dibaca ama menteri pendidikan atau Presiden, Paling-paling dijadiin tisu toilet atau bungkus kacang rebus. Satu orang bodoh dengan tulisannya yang juga bodoh (That’s me..) gak akan bisa merubah apapun tapi sejuta orang bodoh dengan satu tekat kuat bisa merubah dunia. Bingung? Ga usah bingung, tetap bingung? Ga usah dipikirin lah, Lapar? Kan udah disuruh makan tadi.
Udah ah, ngantuk.
 

Samarinda, 19 januari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar